Menikmati One Day Trip Lagoi-Bintan Ternyata Seru Abis!

“Mama…. ayolah liburan…. pengin jalan-jalan,” rengek kedua anak saya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Ntah sudah beberapa kali keduanya merengek minta jalan-jalan karena merasa penat dan bosan dengan aktivitas harian mereka yang hanya sekolah, ngaji, dan bermain di rumah.

Wajar saja mereka merasa jenuh karena memang sudah hampir satu semester ini kami tidak jalan-jalan ke tempat yang agak jauh. Paling juga jalan ke pantai ataupun berenang saat akhir pekan untuk refreshing sejenak.

Saya dan suami sempat bingung juga mau ngajak anak-anak jalan kemana yang agak jauh karena waktu libur tidak ada. Anak-anak masih sibuk dengan sekolah mereka, sementara saya dan suami juga sedang banyak pekerjaan. Waktu yang memungkinkan untuk jalan-jalan hanyalah Sabtu dan Minggu.

Bersama keluarga berlibur ke Lagoi.

Setelah mengobrol berempat, kami pun memutuskan untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang agak jauh tetapi bisa ditempuh dalam waktu satu hari untuk pulang dan pergi. Tempat yang kami tuju adalah Lagoi, Bintan.

Bintan ini adalah pulau yang berada di seberang Kota Batam. Pulaunya lebih besar dari Batam dan di sini terletak ibukota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Secara administratif, pulau ini terbagi menjadi dua daerah pemerintahan yakni Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan yang beribukota Bandar Seri Bentan (Bintan).

Peta Batam-Bintan-Singapura

Nah, di Bintan terdapat banyak spot-spot wisata baik wisata alam maupun budaya. Di sana juga ada satu kawasan wisata yang sudah tersohor secara internasional yakni kawasan wisata Lagoi, dimana terdapat resor-resor eksotis dengan pemandangan laut yang mempesona.

Ada pula kawasan wisata terpadu Treasure Bay yang memiliki kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara bernama Crystal Lagoon di Chill Cove, bagian dari kawasan Treasure Bay.

Treasure Bay

Kolam ini memiliki luas 800 meter atau setara dengan 50 kolam renang Olimpiade jika digabungkan. Karena kolamnya yang begitu luas dan didisain seperti laut dan pantai dengan perpaduan warna biru dan pasir putih, membuat mata tidak akan jenuh melihatnya.

Apalagi di sini tersedia beragam wahanan permainan air. Sehingga pengunjung tidak hanya bisa berenang dan bermain pasir yang ada di pinggiran kolam, tetapi juga bisa mencoba beragam wahana lain seperti paddle-board, jetovator, atau bermain di pelampung raksasa.

Trerasure Bay

Melihat foto-foto yang menakjubkan dari Treasure Bay, anak-anak saya langsung bersemangat untuk liburan singkat ke Bintan. Kami pun memutuskan berangkat hari Sabtu, agar hari Minggunya bisa beristirahat di rumah.

Jalan-jalan ke Bintan memang bukan kali pertama bagi keluarga saya. Namun selama ini kami berwisata ke sana dengan mandiri. Kali ini, kami ingin menikmati jalan-jalan yang berbeda yakni dengan mengikuti paket wisata One Day Trip Bintan dan Lagoi yang diselenggarakan PT Galang Bahari Indonesia.

Berangkat Naik Roro

Karena jalan-jalannya adalah seharian, maka pagi-pagi sekali kami harus bersiap-siap. Setelah mandi, sholat subuh, dan sarapan, kami pun berbegas ke Pelabuhan Roro yang ada di Punggur. Dari pusat kota ke Punggur bisa memakan waktu sekitar satu jam.

Kapal roro Batam-Bintan.

Roro yang kami tumpangi adalah roro paling pagi dan peserta tour diwajibkan sudah ada di pelabuhan pukul 06.30 WIB. Jika mengikuti paket tour begini, kedisiplinan semua peserta adalah mutlak supaya jalan-jalannya on schedule dan tidak mengganggu jadwal yang sudah disusun sehingga nantinya tidak merugikan peserta lain maupun penyelenggara wisata.

Perjalanan roro dari Punggur ke Pelabuhan Tanjung Uban, Bintan, memakan waktu kurang lebih satu jam. Jika ingin perjalanan yang lebih cepat, bisa menggunakan speedboat dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit.

Sesampainya di Tanjung Uban, kami langsung disambut dengan supir dan pemandu wisata. Kami pun langsung naik ke mobil yang ber-AC.

Lima Destinasi Wisata

Dalam one day trip kali ini, ada lima spot wisata yang kami kunjungi yang bermuatan wisata religi dan budaya serta wisata alam yakni Sleeping Budha, Gurun Pasir, Telaga Biru, Lagoi Bay, dan Treasure Bay.

Tidak ingin membuang waktu, kami pun langsung diajak untuk mengujungi Sleeping Budha atau patung Budha tidur.

Sleeping Budha

Patung Budha tidur ini terletak di Vihara Dharma Shanti, Tanjung Uban yang tidak jauh dari pelabuhan. Hanya perlu waktu sekitar lima menit berkendara, kami sudah sampai di lokasi. Sleeping Budha ini sangat terkenal di Thailand, dan pihak Vihara Dharma Shanti mengadopsi konsep patung tersebut untuk dibangun juga di Bintan.

Sleeping Budha. Photo by https://hypeabis.id

Keunikan patung yang diresmikan 19 Oktober 2019 lalu ini, terdapat pada warna patung yang menyerupai emas, termasuk ornamen-ornamen yang ada di sekitarnya. Selain itu, patung yang bernama asli “Patung Budha Meditasi Berbaring” ini letaknya berseberangan dengan Masjid Raya Baitul Makmur. Ini menunjukkan masyarakat di sini hidup damai berdampingan dengan kepercayaan atau agama yang berbeda-beda.

Gurun Pasir dan Telaga Biru

Setelah melihat Sleeping Budha dan mengunjungi Masjid Raya Baitul Makmur, kami pun melanjutkan perjanan ke Gurun Pasir dan Telaga Biru yang keduanya berdekatan. Eh, serasa di Timur Tengah nih! Siapa bilang ke gurun pasir harus ke Timur Tengah, di Bintan aja ada.

Gurun Pasir dan Telaga Biru ini terletak di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Dari pelabhan Tanjunguban, hanya memakan waktu sekitar 15 menit.

Kedua objek wisata ini merupakan bekas peninggalan tambang pasir dan bauksit yang terlantar. Seperti diketahui, Bintan merupakan salah satu penghasil bauksit terbesar di Indonesia. Penggaliannya sudah dilakukan sejak zaman pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto. Karena tidak difungsikan lagi, tambang-tambang tersebut kini menjadi hamparan pasir yang luas dan danau-danau yang warnanya biru.

Oleh warga sekitar, lahan terlantai ini kini dikelola dan dijadikan tempat destinasi wisata yang apik. Foto-foto di sini pun hasilnya seperti berada di Timur Tengah.

Lagoi Bay dan Pantainya

Berfoto-foto dan menikmati pemandangan Gurun Pasir dan Danau Biru, tidak terasa waktu memang sudah beranjak hampir tengah hari. Tidak ingin berlama-lama lagi di sini karena masih ada beberapa destinasi wisata yang akan dikunjungi, maka kami pun beranjak menuju Lagoi Bay dan pantainya.

Perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit. Lagoi Bay ini merupakan salah satu komplek wisata terpadu yang ada di Bintan. Di sini terdapat beberapa resort besar dan spot-spot wisata alam, khususnya pantai dan pusat perbelanjaan yang di dalamnya ada pusat kuliner. Ada pula taman lentera atau lantern park dengan tema dunia laut dan masyarakat pesisir.

Di sini kami menikmati makan siang seraya bersantai di tepi pantai. Pantai Lagoi Bay merupakan salah satu pantai terbedar di Bintan yang tertata rapi, bersih, dan indah. Pasirnya putih dan lembut. Bagi yang membawa anak-anak, bermain di pantai ini memang mengasikkan. Jika air sedang surut, pantainya sangat luas sehingga memberikan ruang yang luas untuk bermain.

Kawasan wisata Lagoi Bay sering kali menjadi tempat penyelenggaraan even-even internasional seperti konser musik dan olahraga, diantaranya Bintan Moon Run, Iron Man, Kasma Run, Bintan Marathon, dan banyak lagi.

Treasure Bay

Spot wisata terakhir yang kami kunjungi adalah kawasan wisata terpadu Treasure Bay. Seperti yang saya paparkan di atas, kawasan ini bisa menjadi destinasi utama dalam one day trip kami.

Kami menghabiskan waktu paling lama di sini, hampir setengah hari karena di sini banyak aktivitas wisata yang bisa dinikmati. Selain bermain di kolam renang Crystals Lagoons yang kedalamannya bervariasi sampai 2.5 meter, para pengunjng juga bisa menikmati agro wisata berupa kebun organik dan hutan mangrove atau bakau.

Sebagai informasi, kolam renang ini mulai beroperasi pada 2007. Developernya membuat kolam dengan teknologi yang ramah lingkungan yakni dengan menggunakan produk kimia sekitar 100 kali lebih sedikit daripada kolam renang konvensional. Untuk filtrasi, kolam ini hanya mengkonsumsi 2 peren energi yang dibutuhkan oleh kolam filtrasi konvensional.

Setelah sepanjang sore menghabiskan waktu di Treasure Bay, kami pun harus beranjak untuk pulang kembali ke Batam. Seharian berjalan-jalan, tubuh memang terasa lelah tetapi kepuasan juga sangat dirasakan. Anak-anak pun ingin jalan-jalan lagi jika liburan tiba nanti.

Yang ingin santai menikmati liburan ke Bintan tanpa repot-repot, bisa langsung menghubungi PT Galang Bahari Indonesia ya. Bisa ikut paket wisata yang regular atau bisa pula mnta dibinkan paket khusus dengan destinasi wisata sesuai keinginan.

Call: 0812 6711 1161

WA: +6281267111161

ONE DAY TRIP LAGOI & BINTAN

*Harga IDR.420.000/ orang*

Minimal 4 orang jalan

*Destinasi Tujuan*

– Sleeping Budha

– Gurun Pasir

– Telaga Biru

– Lagoi Bay & Pantai

– Treasure Bay

*Paket Sudah Termasuk*

– Tiket kapal roro Batam-Bintan PP

– makan siang 1 kali

– Transportasi nyaman full AC

– Tour guide /leader selama trip

– Tiket masuk tempat wisata

*Catatan*

– Apabila ingin naik speat boat,tambah *Rp.45.000/org ( one way ) atau Rp.90.000/orang PP*

– *Untuk WNA* tambah 20.000/orang

– wajib sudah Vaksin dosis 2

– Anak usia 4 tahun dan ke atas harga sama dengan dewasa

– Berkumpul dipelabuhan roro Punggur pada pukul 06.30 pagi

– Apabila mau naik speat boat Punggur jam 7:30 pagi. (sri murni)

***

Bagikan :

Artikel Lainnya

Serunya Wisata Edukasi ke B...
Menikmati One Day Trip Lago...
Pengalaman Seru Bawa Balita...
Hutan Lindung Tiban ada tem...
Saya Pilih Liburan ke Banyu...
Sudah Vaksin? Yuk Berwisata...